The Best Moment in My Life "I Become a Bachelor of Psychology"



Setelah menempuh kurang lebih 5 tahun pelajaran di jenjang universitas akhirnya sabtu, 22 Agustus 2015 aku resmi menjadi seorang Sarjana Psikologi. 

Alhamdulillah aku telah berhasil menyelesaikan 5 tahun studiku di perguruan tinggi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. 5 tahun bukanlah perjalanan yang mudah, ada naik turun kehidupan yang aku lalui, adanya pasang surut semangat dalam menjalankan perkuliahan, ada masa-masa yang sulit, namun itu semua aku jadikan sebuah pembelajaran untuk kehidupanku kedepan. Aku menyadari bahwa sebuah proses tak akan mengkhianati hasil. aku sangat bahagia karena akhirnya aku dapat melewati satu tahap dalam kehidupanku dengan baik, dan aku siap untuk menjemput tahap kehidupanku selanjutnya. 


Menjadi seorang sarjana tidaklah sebuah hal yang mudah bagiku, adanya permasalahan yang aku hadapi membuat aku sadar bahwa semua yang baik akan datang dalam waktu yang baik pula.Aku masuk ke UIN Syarif Hidayatullah Jakrta pada tahun 2010, aku kuliah di jurusan psikologi atas kemauanku sendiri, berasal dari pulau Sumatera aku bertekad bahwa aku akan menjadi yang terbaik untuk orangtua ku dan keluargaku. Aku memiliki target bahwa aku harus selesai kuliah tepat waktu. aku menyelesaikan perkuliahanku pada semester 7 dan pada semester 8 aku fokus dalam mengerjakan skripsi. Aku mulai bimbingan pada bulan April 2014 dan pada saat itu aku sangat berharap bahwa aku dapat mengikuti wisuda pada bulan November, semuanya baik-baik saja hingga pada tahap penelitian yang menharuskan aku untuk tetap tinggal di Jakarta pada bulan Ramadhan, itu adalah pertama kalinya aku berpuasa tidak didekat orangtuaku dan aku melewatkan pernikahan kakak sulungku, "maaf ya kak semua ini aku lakukan agar aku bisa lulus tepat waktu dan membanggakan mama dan ibuk" aku berkata pada kakak ku saat itu.

Namun sebaik-baiknya rencana manusia maka Allah lah yang menentukan, pada bulan September ketika aku telah menyelesaikan skripsiku hingga bab 4 maka aku diharuskan mengganti judul skripsiku, yang artinya aku harus mengulang semuanya dari awal, itu semua bukan karena salahku hanya karena metode yang disrankan oleh dosen pebimbingku saat itu di tentang oleh banyak dosen. Sedih pasti, rasanya kacau balu, aku galau, ingin menangis tapi aku lelah, akhirnya aku sempat berhenti mengerjakan skripsiku selama sebulan, aku bingung harus mulai darimana, aku tak tahu, ingin bertemu dosen rasanya aku masih terlalu kecewa. pada akhirnya semangatku kembali muncul pada akhir buulan oktober, setelah berkonsultasi dengan dosen pembimbingku aku semangat kembali untuk mengerjakan skripsiku, dan aku mulai lagi dari awal. Namun Allah masih sayang padaku, karena lagi-lagi Allah memberi aku cobaan dengan kejadian laptopku hilang dan semua data skripsiku ada disana tanpa ada backup. Sedih, menangis, lagi-lagi aku merasa putus asa. Namu berkat semangat dari orangtua, keluargaku, dan orang yang aku sayangi aku akhirnya bangkit dan bertekad untuk dapat wisuda pada bulan Februari. Ternyata itupun tak semulus yang aku pikirkan, banyaknya birokrasi yang harus aku lalui, revisi skripsi dari pembimbing yang selalu saja ada akhirnya membuat aku melewatkan Februari dan akhirnya aku sidang skripsi pada tanggal 30 Maret 2015. 

Setelah menyelesaikan sidang skripsi pada bulan Maret tersebut seharusnya saya juga sudah bisa mengikuti wisuda pada bulan Mei, namun karena revisi yang tidak selesai sampai batas pendaftaran wisuda maka akhirnya saya mendaftar untuk wisuda pada bulan Agustus.


Pencapaian saya saat ini tidak lepas dari dukungan orang-orang tersayang, terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Mama, Ibuk, yang telah menjadi orang tua terhebat dalam dunia saya, untuk kakak-kakak, adik yang selalu mengingatkan dengan cara yang positif, untuk seluruh keluarga besar yang selalu mendo'akan agar saya sukses dalam hidup. At least but not last terima kasih kepada kekasih saya Indra Hardianto, terima kasih untuk semangatnya, dukungannya, motivasinya, marah-marahnya dan semuanya, terutama untuk kesabaranmu dalam menghadapiku. Do'akan aku agar segera mendapat pekerjaan dan dapat selalu membanggakan keluarga. Aku sayang kalian semua. :* :*


Tidak ada komentar:

Posting Komentar